Bilal dan Toilet

Posted by Ly at 10/20/2010 02:21:00 PM
Peringatan !! jangan baca tulisan ini sambil makan!!


Kalau searching tentang usia anak belajar buang air di toilet, jawabannya bervariasi. Ada yang masih 8 bulan, 1 tahun lebih, atau 2 tahun. Mama sendiri sih sempet ketar-ketir pas tahu kalau ada yang mengajari anaknya toilet training sejak sekitar satu tahun-an, masalahnya, saat itu Bilal belum mama kenalin dengan toilet. Mama nggak mau pakai potty dulu, maunya langsung di toilet aja (ehehehe, agak malas nih kalau pakai potty dulu..)

Beberapa minggu ini Bilal mulai suka bulak-balik toilet, padahal beberapa bulan yang lalu pernah mama coba mendudukkan Bilal di toilet seat, Bilal enggan. Akhirnya beberapa minggu ini, pas mama atau papa ke toilet, Bilal mulai suka ikutan, apalagi sejak bisa buka pintunya sendiri.

Setelah tahu kata pip*s, Bilal makin suka ke toilet. Kalau mama bilang "Bi, mama mau pip*s dulu yah", Bilal akan mengiringi langkah mama ke toilet sambil ngomong, "Pip*s..pip*s..". Tapi pas diajak masuk dan dipasangkan pelapis toilet seat untuk anak2, Bilal langsung kabur. Sejak itu mama nggak nawarin Bilal pip*s di toilet lagi, padahal Bilal masih sering ikut ke toilet.

Lalu sejak 2 hari yang lalu mama coba tawarin Bilal pip*is di toilet, dan Bilal mau duduk disana..! Tapi pas mama bilang "ayo pip*s Bi", nggak pernah berhasil. Dan akhirnya hari ini...!! Bilal bisa pip*s di toilet..! Yeeyy!! alhamdulilah. Rencananya mau sering mama tawarin, tapi mungkin sementara belum lepas popok dulu. Musti rajin nih nawarinnya..

Foto: itu bukan foto Bilal jongkok di potty(ga punya potty), itu cuma mainannya, yang kebetulan dalamnya bolong, dan kebetulan Bilal bisa nemu gimana cara yang lebih seru mainin mainannya itu: masuk ke dalamnya..

6 comments:

just Cook n Love! on October 20, 2010 at 4:00 PM said...

mudah2an lancar ya Bilal di toilet training...aku malah mo beli potty jadinya...soale Raika mogok ke toilet dah lama...sekarang kalo BAK or BAB or buang angin mulai bisa bilang siy...tapi semua dilakukan di popok hu3

.: ully :. on October 21, 2010 at 9:55 AM said...

@ mbak Nyai: emang musti telaten yah mbak, ngajarin anak ke toilet..aku kadang sering ga telaten nih...>_

Bun Bun on October 22, 2010 at 10:27 AM said...

aku juga masih gagal Ly... Nichi mah hobi ke toilet... duduk di dudukan Pooh Channya.. sambil nyobek2 tissue... cerita2 sama maknya yg kesemutan jongkok nungguin pipisnya keluar.... eh,,, udah 30 menit ga pipis2.... dasar!!!!!
Oya, ternyata tempo pipisnya ga 2 jam sekali... tapi bisa 3 sampe 4 jam sekali... coba cek Bilal deh... tiap anak kaya2nya beda2..

広い 道 on October 24, 2010 at 5:48 PM said...

Bilal makin pinter..tambah gede juga ya.Sepertinya sudah siap utk toilet training. Pernah baca di baby center, kalo toilet training ga boleh dipaksakan. Akan ada masa dimana anak akan siap dengan sendirinya. jadi tenang aja..

.: ully :. on November 1, 2010 at 10:27 PM said...

hahaha..itu mungkin salah satu cara Nichi bikin "quality time" sama emaknya, Riel?..tapi tempatnya agak kurang nyaman yah, kayaknya?..ehehehe

hmm..berarti musti rajin yah..duh yang susah rajinnya..>_

.: ully :. on November 1, 2010 at 10:28 PM said...

siip, makasih mbak ^_^

Post a Comment

 

Colours of my life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez